Panduan Aplikasi Dhgtk Data Kehadiran Guru (Online)

Panduan Aplikasi DGHTK Data Kehadiran Guru Panduan Aplikasi DHGTK Data Kehadiran Guru (ONLINE)
Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal sanggup dilakukan secara harian dan sanggup juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk sanggup mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang sanggup dipakai sebagai jalan masuk kedalam sistem :
  1. Login dengan userid kepala sekolah
  2. Login dengan userid operator dapodik

Kedua user id tersebut terupdate datanya secara eksklusif dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.

Peran dan Tangggung Jawab

Kepala Sekolah

Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:
  • Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK alasannya dilaksanakan secara full online
  • Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melaksanakan pengerjaan mangkir online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
  • Segera melaksanakan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya mangkir online (DHGTK) yang berkaitan eksklusif dengan pemberi pinjaman profesi.
  • Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
  • Memantau dan mengevaluasi petugas mangkir online (DHGTK) setiap hari

Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)


  • Peran dan tanggung jawab dari petugas mangkir ialah sebagai berikut :
  • Segera melaksanakan kiprah yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat kiprah yang diberikan
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK  Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

LOGIN KEPALA SEKOLAH

Alamat DHGTK (DAFTAR HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN)

Laman DHGTK yang dipakai ialah sebagai berikut :

Setelah Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan
ibarat gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah segera melaksanakan login dengan
cara mengklik “LOGIN SEKOLAH” 


Perhatikan gambar di atas. Tulisan “Login Sekolah” maka akan otomatis menuju ke laman LOGIN ibarat dibawah ini : 


Setelah berhasil login maka akan bertemu dengan visual ibarat gambar di bawah ini. Pada visual ini mencakup beberapa fitur mencakup :
  1. Beranda
  2. Kehadiran
  3. Keluar Aplikasi
  4. Siklus Pekerjaan sebelum dan setelah terbit SKTP 

Setelah berhasil login, maka ada beberapa yang harus kita kerjakan, yaitu:
1. Membuat Kalender Sekolah
2. Mengisi Kehadiran
3. Input Surat Izin/Dinas Luar/Sakit

Agar gampang dipahami, silahkan Bapak/Ibu Unduh Panduan Lengkap Pengerjaan Aplikasi DGHTK DAFTAR HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Semua Jenjang pendidikan


Related Posts